Halaman

Sabtu, 19 November 2011

Samudera Artik


http://biinar.files.wordpress.com/2011/05/kutub-utara.jpg 
Mengapa disebut samudera  Artik????
Samudera yang berada di bagian utara bumi kita ini adalah sebuah peraiaran yang beku sepanjang jahun. Dikatakan samudera bukan benua dikarenaka kawasan ini seluruhnya berupa perairan yang terbekukan sehingga nampak seperti daratan yang luas yang tertutup es abadi, tapi fakta di dalamnya yaitu tidak terdapat batuan maupun tanah dibawah permukaan es tersebut. oleh karena itu kawasan ini disebut dengan samudera Artik bukan benua Artik. Berbeda dengan kutub selatan yang memiliki lapisan tanah dan batuan dibawah lapisan es abadinya, maka dari itu kutub selatan dissebut sebagai Benua Antartika.
Sejarah penemuan Samudera Artik
          Pertama kali ditemukan oleh Robert Edwin Peary, seorang warga negara Amerika yang mendaratkan kaki di kutub utara tahun 1909 pada tanggal 6 april. Setelah pendaratanya samudera ini mulai dikenalkannya ke dunia luar.
Letak Samudera Artik
Samudera ini terletak di utara tiga benua besar yaitu, benua Asia, Benua Eropa, Benua Amerika, serta utara Greendland. Wilayah Samudera ini seluruhnya berada di lingkaran kutub utara.
Karakteristik samudera Artik:
1.   Samudera ini seluruhnya berada di lingkaran kutub utara. 
http://www.dailyplanetmedia.com/spaw-editor/uploads/images/north-pole-map.jpg
      Berbeda dengan samudera lain, seperti samudera Hindia, Atlantik, dan Pasifik yang berada pada lintang rendah sampai tinggi, dengan suhu air laut yang bervariasi antara kawasan satu dengan yang lain, samudera Artik ini berada pada satu kawasan dengan lintang tinggi dan berada satu kawasan, yaitu di lingkaran kutub utara.

2.  Samudera yang memiliki luas tersempit di dunia.
      Luasan samudera Artik ini adalah 14.100.000 km² kurang lebih sepersepuluh dari luasan Samudera Pasifik (samudera terluas di dunia) yang memiliki luas 165.700.000 km².

3.  Samudera dengan suhu paling dingin.
      Seluruh wilayahnya yang berada di kutub utara menyebabkan samudera ini memiliki suhu paling dingin diantara samudera yang lainnya. Kawasan perairannya yang terbekukan, menyebabkan kawsan Samudera Artik ini tidak nampak sebagai suatu samudera.

4.  Samudera yang dihuni oleh satu suku. 
http://www.berani.co.id/Artikel/utama13101.jpg
      Umunnya samudera adalah suatu perairan yang luas dan tidak ada kehidupan manusia diatasnya kecuali di pulau-pulau kecil di sekitar samudera tersebut. Berbeda  dengan samudera Artik, samudera ini memiliki suatu lapisan es tebal yang menutupi hampir seluruh wilayahnya, hingga nampak seperti sebuah daratan luas yang tertutu es abadi. Kawsan samudera artik ini di huni oleh suku bangsa Eskimo, yang konon telah hidup di samudera Artik sekitar 4000 tahun yang lalu, suku bangsa ini hidup dengan cara berburu ikan dan binatang kubub dan memakannya secra mentah. Suku bangsa ini memiliki rumah adat yang disebut dengan Rumah Iglo. 
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbDFcrNlbiPjvgpsv5e3Zz_ZRyVuoAs0QUZ6eN9BVQiZGmyjbGpHEBaSShaUNXNQtRwr03guct12Dtlr8CRIY5Muq5A5j-J8so43iYxaZKkz_eS5k_FdKNzd3PlvidTO8d4WC0uf7lskg/s1600/hotel-igloo.jpg

5.  Samudera dengan jenis ikan yang paling sedikit
Mengingat suhu yang sangat beku menyebabkan tidak memenuhi syarat hidup makhluk hidup pada umumnya, hanya jenis hewan dan ikan kawan kutub dan tidak banyak spesiesnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop