Halaman

Jumat, 18 November 2011

Antara Demam Korea dan Geografi




Annyeonghaseyo, je sogereul halkkeyo??? Je ireumeun Retno Ristianingrum-imnida. Hehehehe. Akhir-akhir Demam Korea yang semakin merajalela. Termasuk saya juga terserang yang namanya demam Korea. Semakin hari saya bahkan semakin merasa semua tentang Korea memempati sebagian besar rongga di otak saya hohohohoho. Bahkan saya sering nyoceh kata-kata dalam bahasa korea di selala-sela percakapan sehari-hari saya dengan temen satu kos, maupun temen kuliah. Walau kadang Cuma buat bercanda dan tidak nyambung antara kata satu dengan yang lainnya, tapi gag pa-pa buat iseng ajah. Sebenarnya sih Cuma kata-kata simpel  seperti Kata Salam dan sapaan dalam bahasa korea Kata-kata ini sering di temui dalam drama/ film Korea:
·         Annyonghaseyo           (selamat pagi/siang/sore/menyapa)
·         Annyonghi Jumuseyo  (selamat malam)
·         Eoseo oshipshiyo          (selamat datang)
·         Annyonghi Gaseyo      (selamat tinggal)
·         Dasi Bwayo                  (sampai jumpa)
·         Jal jayo                         (melamat tidur/ meimpi indah)
·         Jal jinaseyo                   (semoga beruntung)
·         Gamsahammida           (terima kasih  banyak)
·         Gomawo                        (terima kasih)
·         Anieyo                          (sama-sama/ kembali)
·         Aniyo                            (tidak/bukan)
·         Gwenchanayo              (sama-sama)
·         Joesonghaeyo               (maaf)
·         Mian/mianhe/mianhamnida (maaf)
·         Ne                                 (ya)
·         A... kureyo                     (oh, begitu)
·         Amuildo Anieyo          (tidak apa-apa)

Kurang-lebih kata-kata itu yang sering diucapkan. Efek nonton drama-drama korea dan lagu-lagu korea yang semakin hari,  memenuhi laptop saya.  Ada juga Kata-kata lain seperti:
·         Hana                   (satu)
·         Saram                  (orang)
·         Isseoyo                 (dapat/bisa)
·         Yaksokhalke        (berjanji)
·         Uri                       (kita)
·         Nae-ga                (saya)
·         Saenggakhaesseo (memikirkan)
·         Saranghandago  (mencintaimu)
·         Gidarida             (waiting)
·         Neomu                 (sangat)
·         Geudae                (hanya)
·         Aboeji                  (ayah)
·         Eomoeoni             (ibu)
·         Halmoeni            (nenek)
·         Harabeoji           (kakek)
·         Honja                  (sendiri/diri sendiri)
Tidak banyak kata-kata korea yang saya kuasai, maklum masih pemula. Saya hanya sekedar penikmat drama dan musik-musik korea. Apalagi dengan yang namanya “Kim Hyun Joong (SS501), Jang Wooyoung (2PM), Yesung (SUJU), Nickhun(2PM), dll. Sebenarnya bukan Cuma dunia entertaiment yang saya suka dari korea tetapi juga keadaan geografis Korea Selatan yang unik. Ya ujung-ujungnya tidak lepas dari yang namanya geografi. Memiliki empat musim, kawasan yang cenderung aman gempa (jika dibandingkan dengan negara tetangganya sprt jepang dan cina), serta morfologi yang didak datar dan cenderung berbukit, serta uniknya bentukan pulau vulkan Korea selatan yaitu Pulau “Jeju” yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam baru bersanding dengan pulau Komodo “Indonesia”. Belum lagi ekonomi korea yang maju, menempatkan negara ini pada posisi negara maju dari Asia,,, yeyeyeye sebenarnya Korea dan Indonesia sedikit banyak memiliki kemiripan. Meredeka setelah berakhirnya perang dunia kedua, pernah mengalami krisis ekonomi yang parah dan waktunya sama dengan krisis moneter Indonesia (1997), tapi Korea Selatan berhasil menanganinya dalam waktu 3 tahun (beda bgt dg Indonesia nyampe sekarang masih krisis) bahkan sekarang menjadi salah satu negara dengan Ekonomi terkuat di Dunia (bersaing ketat dengan jepang). Ada lagi persamaan antara Indonesia dengan Korea selatan yaitu negara yang sering panas-panasan dengan negara tetangganya. Jika indonesia dengan Malaysia, korea selatan dengan jepang juga berebut pulau terluar yang akhirnya jd sengketa kedua negara ini, belum lagi masalah dengan negara Korea Utara yang telah melakukan perjajian damai tapi kadang masing sering perang. Itu lah Korea, meski demikian dia tetap melenggang dan terbang tinggi sebagai salah satu negara Industri yang maju. jadi Ngiri, Indonesia kapan ya bisa kaya Korea Selatan, dan di sebut sebagai negara Maju di Asia bersanding bersama Jepang, Korea Selatan, dan Singapura??? Lima tahun lagi? 10 th lagi? 20 tahun lagi?? Mari kita tunggu saja.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop