Halaman

Minggu, 29 April 2012

SEJARAH DAN PEMERINTEHAN SELANDIA BARU


A. SEJARAH
Pada 26 September tahun 1907, Kepulauan Selandia Baru meraih kemerdekaannya. Sejak tahun 1769, Selandia Baru dijajah oleh Inggris. Pada abad 19, seiring dengan derasnya arus imigrasi orang-orang Inggris ke kawasan itu, situasi penjajahan makin terasa menekan warga setempat. Atas dasar itu, orang-orang Maori yang merupakan pendudukan asli di sana, Menjelang tahu 1840 inggris telah memutuskan untuk mendudukin selandia baru dan pada tahun itu pula kepala suku maori, menandatangani perjanjian dengan pemerintah Inggris.

Akan tetapi, setelah itu pemerintah Inggris melakukan sejumlah pelanggran atas perjanjian itu. Akibatnya, terjadilah dua kali pertempuran berdarah di antara kedua pihak, yaitu pada tahun 1845 hingga 1848 dan tahun 1860 hingga 1870. Dalam kedua perang itu, suku Maori ditumpas. Pada tahun 1907, Selandia dijadikan sebuah kawasan independen dengan bentuk pemerintahan gubernur jenderal. Negara Selandia Baru terdiri dari dua pulau utama dan sejumlah kepulauan kecil. Negera ini terletak di Samudera Pasifik selatan.



B. PEMERINTAHAN
Pemerintahan Selandia Baru (New Zeeland) merupakan negara monarki konstitusional dengan demokrasi parlementerRatu Elizabeth II adalah kepala negara yang diberi gelar Queen of New Zealand yang diwakilkan secara khusus oleh Gubernur Jenderal. Pengangkatan seorang gubernur jenderal dilakukan atas saran khusus dari perdana menteri.
Peran gubernur jenderal adalah sebagai pengganti kekuasaan kepala negara, yaitu untuk mengangkat dan memberhentikan seorang menteri serta mengkepalai dewan eksekutif yang terdiri atas para menteri. Fungsi konstitusional yang dimiliki oleh seorang gubernur jenderal adalah untuk menyatukan seluruh partai-partai besar yang ada untuk membentuk sebuah pemerintahan. Berdasarkan perjanjian konstitusional, gubernur jenderal bertindak atas saran dari para menteri yang mempunyai dukungan besar di parlemen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop