Halaman

Minggu, 29 April 2012

PENDUDUK DAN PARIWISATA SELANDIA BARU


A. PENDUDUK

Maori, yaitu orang polinesia yang berkulit coklat,tinggal diselandia baru selama ratusan tahun sebelum kedu pulau ini ditemukan oleh orang-orang eropa pada abad ke-17,hamper 200 th lebih sudah berlalu sebelum orang kulit putih mulai bermukim di selandia baru dalam jumlah besar,karena maori adalah orang selandia baru yang pertama,mereka menamakan ‘orang kulit putih’ dengan kata ‘maori pakehe’yang pada mulanya berarti”maklum hayalan yang mirip manusia”maori berarti normal,biyasa atau wajar”sekarang diselandia baru kesenjangan antara kdua suku itu mulai perlahan-lahan menyempit.
Penduduk selandia baru adalah kecil dibandingkan dengan wilayahnya yang besar oleh sebab itu banyak orang selandiya baru yang mendiyami rumah pribadi dari pada tinggal di arpertemen-apertemen..
Orang selandia baru selain orang yang pekerja keras dan mereka senang berolah raga untuk memanpaatkan adanya waktu luang dengan bermain raket,tenis,renang sepak bola,golop,lintas hutan berkuda,berselancar dll.
Seni mungkin terlalu banyak tenaga yang dipersembahkan kepembangunan negara yang masih muda ini.selandia baru tidak banyak mengasilkan seniman,pada abat ke-19 selandia baru memiliki charless heaphy dan W.M. Hodgklins dua pelukis yang menciptakan keindahan nengara di atas kertas dan seniman lainya.

      B.    PARIWISATA
     Selandia Baru, merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. Negara ini memiliki dua pulau besar yang mencakup mayoritas daratannya, termasuk juga sejumlah pulau kecil disekitarnya. Selandia Baru memiliki dua wilayah luar. Tokelau dan Ross Dependency (di Antartika). Pemerintahan otonomi khusus Niue dan Cook Islands termasuk dibawah asosiasi Selandia Baru, yang dapat secara mandiri mengelola kepentingan luar negeri dan pertahanan mereka.

     Selandia Baru terkenal dengan pemandangan gunung salju dan ladang rumputnya yang indah. Reputasinya sebagai yang terdepan dalam pertanian berakar dari pandangan tradisional masyarakatnya tentang arti penting pertanian sebagai penunjang ekonomi untuk mengimbangi rendahnya tingkat populasi dihampir setiap daerah. Mayoritas masyarakat Selandia Baru hidup di daerah perkotaan, dan saat ini banyak dari mereka yang hidup dalam industri jasa seperti pariwisata. Ibukota Selandia Baru adalah Wellington, dan kota kosmopolitan utamanya adalah Auckland. Orang Polinesia pertama kali menduduki kepulauan Selandia Baru sekitar 800-1000 tahun lalu.     






Menurut legenda, mereka menamakan kepulauan tersebut dengan Aotearoa (“Tanah Awan Putih Berarak”). Keturunannya adalah suku Maori. Orang Inggris menjadi bangsa Eropa pertama yang datang ke kepulauan ini, yang kemudian bertambah populasinya setelah Selandia Baru menjadi koloni Kerajaan Inggris di 1840. Sampai pertengahan abad 20 populasi penduduk non-Maori Selandia Baru didominasi oleh pendatang dari Eropa. Komposisi etnis negeri ini menjadi semakin kompleks dengan mulai banyaknya migrasi pendatang dari Kepulauan Pasifik dan Asia. Di tahun 1907 Selandia Baru menjadi pemerintahan dominion tersendiri dalam Kerajaan Inggris. Saat ini sebagai sebuah negara merdeka, Selandia Baru memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Inggris sebagai anggota penuh Negara-Negara Persemakmuran, tapi dengan tetap meningkatkan identitasnya sebagai sebuah negara yang menjadi bagian dalam kawasan Pasifik dan Asia.



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop