Halaman

Jumat, 27 April 2012

KONDISI GEOGRAFIS SELANDIA BARU


Secara geografis, Selandia Baru digambarkan sebagai negara yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Utara (Te-Ika-a-Maui) dan Pulau Selatan (Te Wai Pounamu), serta pulau-pulau kecil lain di sekitarnya. Wilayah di Selandia baru memiliki iklim yang bervariasi, dari dingin, lembab dan subtropis di beberapa daerah. The dramatic and varied landscape di Selandia Baru, telah membuat negara ini menjadi lokasi yang populer untuk menjadi tempat produksi program televisi dan film, termasuk film Lord of The Rings trilogy.
New Zealand atau Selandia Baru memiliki luas wilayah 268.680 kilometer persegi (103.738 mil persegi), atau sedikit lebih kecil dari wilayah Itali dan Jepang, serta sedikit lebih luas dibanding Inggris. Selandia Baru dibagi menjadi 25 wilayah, yang mana masing-masing daerah memiliki kebudayaan, sejarah dan ciri khas berbeda.  Negara ini merupakan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) yang terbesar ke tujuh di dunia, meliputi lebih dari empat juta kilometer persegi, yang mana daerah lautnya lebih dari 15 kali luas daratannya.

Selandia Baru melintasi perbatasan antara dua lempeng tektonik, yaitu Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia. Karena hal tersebut, Selandia Baru sering mengalami gempa bumi, aktivitas vulkanik, serta semburan lahar di beberapa daerah. Negara ini mengalami 14.000 gempa bumi dalam setahun, beberapa diantaranya dengan kekuatan lebih dari 7 Skala Richter (SR).
Ada 25 wilayah geografis Selandia Baru (Geographical New Zealand Regions), wilayah tersebut adalah :
·         North Island (Pulau Utara) meliputi: Northland, Auckland, Coromande, Waikato, Rotorua, Bay of Pienty, Eastland, Taranaki, Ruapehu, Lake Taupu, Hawke’s Bay, Manawatu, Whanganui, Wellington, Wairarapa.
·         South Island (Pulau Selatan) meliputi: Nelson, Malborough, West Coast, Christchurch – Canterbury, Dunedin – Coastal Otago, Lake Wanaka, Queenstown,Central Otago, Fiordland, Southland.
·         Kepulauan penting lainnya: Chatham Island, Great Barrier Island, Stewart Island, Waiheke Island

Sedangkan wilayah Selandia Baru sendiri sebenarnya hanya terdiri dari 16 wilayah saja. Tujuh di pulau selatan dan sembilanya di pulau utara. Wilayah tersebut yaitu Northland, Auckland, Waikato, Bay of Plenty, Gisborne, Hawke’s Bay, Taraniki, Manawatu – Wanganui, Wellington, Tasman, Nelson, Malborough, West Coast, Canterbury, Otago, dan Southland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop