Halaman

Minggu, 29 April 2012

IKLIM DAN SUMBER DAYA ALAM SELANDIA BARU


A.  IKLIM
Iklim di Selandia Baru sangat dipengaruhi oleh laut yang mengelilinginya di wilayah piord, angin basah dari laut banyak kenjatuhkan curah ujan, kadang-kadang mencapai setingigi 635 cm setahun. iklim barat dari laut mengakibatkan cuaca di selandia baru berubah-rubah dengan langit biru berubah menjadi gelap dan terus menerus.

B.  SUMBER DAYA
    Luas wilayah selandia baru seluruhnya termasuk dua pulau utama dan beberapa pulau kecil lainnya –stewar, 32 km ke ujung selatan pulau selatan:gugusan pulau chatham, sekitar 640 km tenggara wellinton: dan keermandes, sekitar 800 km timur laut pulau utara –adalah 268,675 km luas ini meliputi beberapa ciri geografis yang paling luar bisa, yang terindah di dunia .
        Stasiun tenaga air utama di pulau utara terdapat di sungai waiko yang berhulu di danau taupo,karena pulau utara banyak penduduk nya sedang pontensi hidroeloktriknya lebih kecil, Sumber mineral selandia baru meliputi batu bara,kebanyakan ditambang di daerah pergungungan westlan di pulau selatan. Penggalian tanah yang banyak dilakukan di beberapa tempat mengasilkan batu kapur yang klau di ancurkan menjadi sangat penting bagi pertanian selandia baru.Otago pernah menjadi pusat para pencari mas tetapi sekrang hanya tinggal sedikit.

        Di pulau utara, pasir besi dimanfaatkan oleh para industri baja yang sedang berkembang gas alam sumber energi penting dipulau utara kini juga sedang di ubah menjadi minyak sebagai bagian rencana penggurangan inpor minyak. Hutan selandia baru juga merupakan sumber alam lain yang sangat berharga.pada mulanya, baik orang maori mau pun orang eropa menebang dan membakar kayu-kayu untuk menghasikan lahan bagi pertaniaan. Kemudian berkembanglah perdagangan kayu yang ramai diselandia baru sehinga banyak di antara hutan dipulau-pulau selandia baru termasuk pohon kauri kuro menjadi rusak.
        Kemudian, dibawah program reboisasi, pemeritah banyak mengganti bebargai pohon kuno dengan pohon baru.pada abat 20, para ilmuan memperkenalkan berbagai pohon asli luar nengri seperti pohon pinus kalipornia,cedar jepang lanch eropa, dan ecalyptuds australia yang subur keselandia baru, berjajar dengan berbagai pohon selandia baru seperti rimu matai,totara,tawa.dan beech. Hutan selandia baru meliputi wilayah seluas seperempat negara,sedangkan produknya dari bubu dan kertas sampai kayu dan mebel merupakan bahan ekspor yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop