Halaman

Senin, 05 Desember 2011

PENDUDUK EROPA


Jumlah penduduk Eropa pada tahun 2006 lebih kurang 732 juta jiwa dengan kepadatan 23 jiwa/km2. Sebagian besar penduduk Eropa berkulit putih. 

Menurut ciri-ciri fisiknya, bangsa Eropa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu bangsa Nor, bangsa Alpen, dan bangsa Mediteran. 

a.    Bangsa Nor
Ciri-ciri bangsa Nor adalah rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang, dan muka sempit. Termasuk kelompok itu adalah orang norwegia, inggris, Denmark, Jerman bagian utara, dan Belanda bagian utara. 

b.    Bangsa Alpen
Ciri-ciri bangsa Alpen adalah rambut dan mata hitam, tidak begitu tinggi, tengkorak dan  mata lebar. Termasuk kelompok itu adalah orang Prancis, Belgia, Swiss, Polandia, Jerman bagian selatan, dan Austria.
c.    Bangsa Mediteran
Ciri-cirinya ialah badan dan tengkoraknya menyerupai bangsa Nor, tetapi rambut dan  matanta hitam. Termasuk golongan itu adalah orang Portugis, Spanyol, Italia bagian selatan, dan orang Yunani.

Keragaman agama dan bahasa tampak pada penduduk Eropa. Selain itu, pendidikan di benua ini snagat maju dibandingkan benua lain.
1)   Agama
Pada umumnya, orang Eropa memeluk agama Kristen (±96%). Agama Islam dianut oleh orang-orang Turki, Albania, Kirgis, dan Rusia bagian selatan. Selain itu, sekitar 0,2% penduduk beragama Yahudi.
2)   Bahasa
Di Eropa terdapat lebih dari 60 bahasa dan ratusan dialek yang digunakan. Para ahli mengelompokkan bahasa-bahasa tersebut ke dalam rumpun bahasa sebegai berikut:
a.    Rumpun Indo-Jerman merupakan rmpun terbesar yang diperkirakan berasal dari daerah sebelah selatan Laut Baltik. Rumpun itu terdiri atas tiga cabang bahasa utama, yaitu bahasa Baltik Slavia, bahasa Jerman, dan bahasa Roman.
b.    Bahasa-bahasa Finno-Ugria merupakan cabang rumpun bahasa Ural. Bahasa-bahasa Finno-Ugria digunakan oleh bangsa Magyar (Finlandia, Estonia, Katelia, Laplandia, Hongaria, dan lain-lain).
c.    Selain itu, ada pula kelompok bahasa Albania, bahasa Yunani, dan bahasa-bahasa Kelt yang terdiri atas bahasa Galia dan bahasa Britania.
3)   Pendidikan
Pendidikan di Eropa telah maju, bahkan mendudki peringkat teratas di dunia. Negara-negara Eropa yang memiliki tingkat melek huruf kurang dari 90% adalah Albania, Malta, dan Portugal.
Pada umumnya, pendidikan di Eropa Utara dan Eropa Barat lebih bermutu daripada di Eropa Selatan. Hal itu disebabkan negara-negara di bagian utara dan barat, seperti Inggris, Norwegia, dan Swedia lebih kaya daripada negara-negara di bagian selatan, seperti Yunani, Portugal, dan Spanyol. Majunya tingkat pendidikan di sebagian besar negara di Eropa ditandai dengan banyaknya universitas terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop