Halaman

Kamis, 20 Oktober 2011

"METROPOLIS DUBAI" Kota Dengan Gedung-gedung PENCAKAR LANGIT


"Dubai adalah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA). Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab. Kotamadya Dubai kadang-kadang disebut Kota Dubai untuk membedakannya dari emirat.

Dokumen tertulis menyatakan keberadaan kota ini selama 150 tahun sebelum pembentukan UEA. Dubai berbagi kekuasaan hukum, politik, militer dan ekonomi dengan emirat lain dalam lingkaran federal, meskipun setiap emirat memiliki yurisdiksi terhadap beberapa kekuasaan seperti penegakan hukum sipil dan pemantauan dan pembaharuan fasilitas lokal. Dubai memiliki populasi terbesar dan merupakan emirat terbesar kedua menurut luasnya, setelah Abu Dhabi. Dubai dan Abu Dhabi adalah satu-satunya dua emirat yang memiliki hak veto terhadap masalah kritis kepentingan nasional dalam Dewan Nasional Federal negara itu. Dubai telah dipimpin oleh dinasti Al Maktoum sejak 1833. Pemimpinnnya saat ini, Mohammed bin Rashid Al Maktoum  juga menjabat sebagai Perdana Menteri dan Wakil Presiden UEA.

Pendapatan emirat berasal dari perdagangan, real estat dan pelayanan keuangan. Pendapatan dari minyak bumi dan gas alam menyumbang kurang dari 6% (2006) ekonomi Dubai senilai US$37 miliar (2005). Real estat dan konstruksi, menyumbang 22.6% kepada ekonomi tahun 2005, sebelum musim konstruksi berskala besar yang berlangsung hingga sekarang. Dubai telah menarik perhatian dunia melalui proyek real estat yang inovatif dan ajang olahraga. Hal ini meningkatkan perhatian, bersamaan dengan kepentingannya sebagai hub bisnis dunia, telah juga mengangkat masalah hak asasi manusia mengenai terlibatnya banyak tenaga kerja asing.

Kemajuan dari negara ini dapat dilihat dari banyaknya gedung-gedung pencakarlangit yang ada, diantaranya adalah:
  • Almas Tower (Diamond Tower)
merupakan sebuah pencakar langit setinggi 360 meter (1,181 kaki) yang sedang dalam konstruksi di Dubai, Uni Emirat Arab. Konstruksi dimulai pada awal 2005 dan diperkirakan akan selesai pada 2008. Apabila selesai, bangunan ini akan memiliki 74 tingkat, 70 tingkat untuk perkantoran dan 4 tingkat untuk pelayanan.

  • Menara Emirates Office
dipanggil Emirates Tower One merupakan nama menara yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini digunakan untuk Corporate Offices. Menara ini dibangun tahun 1996-2000.

  •  Rose Tower
merupakan sebuah pencakar langit setinggi 333 meter (1,093 kaki) bertingkat 72 di Jalan Sheikh Zayed, Dubai, UEA, tetapi konstruksinya belum selesai. Menara ini, yang mana konstruksinya dimulai pada 2004, direncanakan akan setinggi 380 m (1,247 kaki), tetapi tinggi aslinya dikurangi pada modifikasi rancangan. Walaupun tingginya dikurangi, menara ini menjadi hotel tertinggi di dunia, Rose Rotana Suites, melampaui Burj Al Arab pada ketinggian 321 m (1,053 kaki), juga di Dubai. Pada 24 Oktober 2006, bangunan ini mencapai tinggi aslinya dengan tambahan di puncaknya.
  •  Burj al-Arab
(bahasa Arab: برج العرب, "Menara Arab") adalah sebuah hotel mewah yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan Burj al-Arab, didesain oleh Tom Wright, mencapai ketinggian 321 meter dan adalah bangunan tertinggi yang sepenuhnya digunakan sebagai hotel. Bangunan ini berdiri di sebuah pulau buatan yang berada 280 m lepas pantai di Teluk Persia. Burj al-Arab dimiliki oleh Jumeirah.
  • Hotel Menara Emirates
merupakan hotel yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Hotel ini memiliki fasilitas sebagai hotel bintang lima. Hotel ini dioperasikan oleh Jumeirah International Group. Konstruksi hotel selesai pada tahun 2000.
  • The Address Downtown Burj Dubai
sebelumnya Burj Dubai Lake Hotel & Serviced Apartments, (bahasa Arab: فندق البحيرة و شقق برج دبي المخدمة) adalah sebuah pencakar langit supertinggi dengan tinggi 306 meter (1.004 kaki) di sepanjang Dubai Mall, Old Town, dan Burj Dubai Lake di Dubai, Uni Emirat Arab.
  •  Emirates Crown
merupakan sebuah menara penghunian bertingkat 63 di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 296 m (971 kaki). Pembangunan Emirates Crown dijadwalkan selesai tahun 2008.

  • Millennium Tower
terletak di Jalan Sheikh Zayed di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini berdiri 285 m (935 kaki) dan memiliki 60 tingkat dan selesai pada 2006. Kesemua tingkat ini telah mencakup apartemen dengan 301 kamar 3-tempat tidur dan 106 kamar 2-tempat tidur. Menara ini juga memiliki lapangan parkir bertingkat 10 dengan kapasitas untuk 471 mobil.
  • 21st Century Tower
21st Century Tower merupakan sebuah pencakar langit bertingkat 55 di sepanjang Jalan Sheikh Zayed di Dubai. Pada ketinggian 269 m (883 kaki) merupakan bangunan penghunian tertinggi ketiga di dunia.
  • 10. Al Kazim Towers
Al Kazim Towers' merupakan sebuah komplek dua menara bertingkat 53 di Dubai Media City di Dubai, Uni Emirat Arab. Kedua menara akan memiliki tinggi seluruhnya 265 meter (869 kaki) dan melampaui Chrysler Building New York City. Pembangunan Al Kazim Towers dijadwalkan selesai pada tahun 2008. Kedua atap menara dibuat pada November 2007.
  •  The Harbour Hotel & Residence
The Harbour Hotel & Residence merupakan sebuah pencakar langit bertingkat 59 setinggi 256 meter (840 kaki) yang selesai dibangun tahun 2007. Menara penghunian dan hotel ini terletak di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. The Harbour Hotel & Residence merupakan properti kedua Emirates Hotels and Resorts; yang pertama adalah Al Maha Desert Resort & Spa. Menara ini memiliki 261 kamar.

12. Chelsea Tower
Chelsea Tower merupakan sebuah pencakar langit setinggi 250 meter (820 kaki) di Sheikh Zayed Road di Dubai, Uni Emirat Arab. Sebuah bangunan bertingkat 49 yang digunakan sebagai hotel dan apartemen penghunian. Chelsea Tower adalah menara tertinggi kedelapan di Dubai dan Uni Emirat Arab. Menempati plot 90 di Sheikh Zayed Road. Menara ini terlihat berbeda dengan langit-langit Dubai karena bentuk, atap dan penerangannya.
  • Angsana Hotel & Suites
Angsana Hotel & Suites (dikenal sebagai Damas Towers selama pembangunan) merupakan komplek dua menara di sepanjang Jalan Sheikh Zayed di Dubai, Uni Emirat Arab. Kedua menara, Angsana Suites Tower dan Angsana Hotel Tower, akan berdiri pada ketinggian 250 meter (820 kaki) dengan 49 tingkat masing-masing. Masing-masing menara akan dikelola oleh Angsana Resorts & Spa.
  • Al Fattan Marine Towers dan Oasis Beach Tower
Al Fattan Marine Towers merupakan sebuah komplek di Dubai Marina, Dubai, Uni Emirat Arab. Komplek ini meliputi dua menara kembar, Al Fattan Tower, dan Oasis Beach Tower. Kedua menara berdiri pada ketinggian resmi 245 m (804 kaki) dan tinggi atap 230 m (755 kaki).
  • AAM Tower
AAM Tower merupakan sebuah menara bertingkat 46 di Dubai Media City di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 200 m (656 kaki). Pembangunan AAM Tower dijadwalkan selesai tahun 2008.
  •  The Tower
The Tower merupakan sebuah menara setinggi 243 mete yang terletak di Sheikh Zayed Road, Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan ini memiliki 54 tingkat. Pencakar langit ini selesai konstruksinya pada tahun 2002 dan berdiri di sebelah Emirates Towers yang terkenal.
  •  Park Place
Park Place merupakan sebuah menara bertingkat 56 yang didirikan di Sheikh Zayed Road di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 234.1 meter (768 kaki).
  • Al Seef Tower
Al Seef Tower merupakan sebuah menara penghunian bertingkat 44 di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. menara ini memiliki tinggi 215 m (705 kaki). Pembangunan Al Seef Tower selesai tahun 2005.
  • Grosvenor House
Grosvenor House merupakan komplek dua menara di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. Kedua menara, Grosvenor House West Marina Beach dan Grosvenor House The Residence, akan berdiri pada ketinggian yang sama, yaitu 210 meter (690 kaki) dengan 48 tingkat masing-masing.
  •  Le Rêve
Le Rêve merupakan sebuah menara penghunian bertingkat 52 di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 210 m. Pembangunan Le Rêve selesai pada tahun 2006.
  •  Marina Heights Tower
Marina Heights Tower merupakan sebuah menara bertingkat 55 di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tingi seluruhnya 208 m (684 kaki). Pembangunan Marina Heights Tower selesai pada tahun 2006.
  •  Tamani Hotel Marina
Pencakar langit hotel bertingkat 50 Tamani Hotel Marina dibuka pada tahun 2007. Terletak dekat kedua Dubai Media City dan Dubai Internet City. Dikelola oleh Tamani Hotels & Resorts, anggota KM Holding.
  • Marina Crown
Marina Crown merupakan sebuah menara bertingkat 52 di Dubai Marina di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 207 m (679 kaki). Pembangunan Marina Crown selesai pada tahun 2006.
  •  The Citadel
The Citadel merupakan sebuah menara bertingkat 42 di Business Bay di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memiliki tinggi seluruhnya 201 m (659 kaki). Pembangunan The Citadel dijadwalkan selesai tahun 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop