Halaman

Sabtu, 24 Maret 2012

China (Negara dengan Penduduk terbanyak di dunia)

Annyeong Hasimika.....chinggudul!!!!.... kali ini membahas negeri tetangga Jauhnya Indonesia dan Korea Selatan. “Republik Rakyat Cina (RRC), Cina, China, Chinese” adalah beberapa nama untuk menyebutkan sebuah nama negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Negeri dengan berjuta penduduk, sejuta mitos, filosofi dan salah satu negara dengan peradaban tertua didunia hampir sama dengan kebudayaan di Mesopothamia dan Mesir. Cina merupakan negara Asal Victoria F(x) “jd inget Khuntoria couple” kekekeke...., Min and Fie MissA,, dan masih bnyk lg K-pop asal “negeri Panda” ini.

“CHInese”

Merupakan salah satu negara di Asia Timur yang beribu kota di Beijing. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, dan salah satu negara dengan daratan terluas di Dunia setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat. Negara yang mendapat julukan “Giantic Size” karena luasnya wilayah daratan yang dimiliki. Negara ini meiliki nama resmi yaitu” People’s Republic of China”.


LETAK DAN BATAS NEGARA
          Secara astronomis, China terletak antara 18° LU- 54° LU dan 73°BT- 135° BT. Dan secara Geografis terletak di kawasan Asia Timur, menghadap ke Samudera Pasifik. Luas China ± 9.600.000 Km².
Batas negara
Sebelah utara berbatasan dengan Mongolia dan Rusia, sebelah selatan berbatasan dengan Nepal, Bhutan, negeri Bolywood “India”, “Burma” Myanmar, Laos, dan negeri paman Ho “Vietnam”. Sebelah timur berbatasan dengan Laut cina timur, Laut timur, Laut Kuning, Negeri mendiang Kim JoNg il “Korea Utara”, dan ternyata cina gag berbatasan darat dengan negeri asal Hyun joong Oppa “Korea selatan” kekekekeke. Dan di sebelah barat berbatasan dengan Pakistan, Tajikistan, Kirgztan, dan Kazaktan.

KEADAAN ALAM
          Berbicara keadaan alam, ada perbedaan yang sangat kontras pada bentang alam yg ada di cina, yaitu Cina utara yang relatif datar dan tanahnya yang relatif berdebu, serta Cina Bagian selatan yang relatif Kasar dan banyak dijumpai pegunungan. Batas alam Cina bagian Utara dan Cina selatan adalah pegunungan Tsinling.
          Bagian Timur dari Cina bagian utara (Manchuria) sebagian besar terdiri atas Lembah sungai Sungari yang dikelilingi Pegunungan Khingan Besar, Sikhote Alin, dan lembah sungai Huang Ho atau sungai Kuning. Dan di Bagian barat yang berbatasan dengan Mongoloia merupakan kawasan padang pasir yang merupakan bagian dari gurun Ordos dan Gurun Gobi “gurun terluas di Asia Timur”. Cina bagian selatan wilayahnya sangat kompleks yang meliputi Sungai Yangtze, pegunungan cina selatan, Plato Kapur Yunan, Plato Kweichow, dan beberapa sungai seperti Sungai Salween, Yngtze, Mekong (yg melewati kawasan daratan Asia Tenggara) dan Sungai Yalung, serta beberapa danau seperti danau Poyang dan Dongting.

IKLIM
Ilkim China bagian utara dipengaruhi oleh iklim Artik yang dingin dan mengalami musim terdingin -5°C - 26°C. Cina Bagian tengah dan selatan memiliki iklim Subtropis 4°C -  26°C. Cina Timur dipengaruhi oleh iklim gurun yg kering dan panas.
PENDUDUK
          Berdasarkan sensus penduduk tahun 2006, jumlah penduduknya 1.221.400.000 jiwa. Angka kelahiran 12, dan kematian 7, pertumbuhan penduduk 0,6 %. Dan kepadan penduduk 136 jiwa/km.
          Suku bangsa terbesar adalah suku Cina Han (94 %) dan sisanya merupakan suku Mongol, Korea, Turki dan Manchu. China menganut aliran Konghuchu (salah satu agama yg kini telah diakui oleh pemerinatah Indonesia), sisanya adalah Agama Budha, Tao, dan Islam. Bahasa resmi adalah Mandarin.

PEREKONOMIAN
          “Negeri para pedagang” inilah sebutan yang disandang Negeri dengan penduduk bermata sipit ini. Sejak jaman Prasejah disebutkan bahwa negeri ini terkenal dengan perdagangannya, yang berhasil mendistribusikan penduduknya di setiap negara di dunia, maka dari itu banyak sekali orang-orang cina yang tersebar hingga penjuru dunia alias di setiap negara di dunia hampir selalu dijumpai etnis cina. Di indonesia sendiri banyak sekali kawasan Pecinan “komplek org cina yg tidak hanya dijumpai di kota-kota besar saja tapi menyebar hingga kota-kota kecil seperti kota kecil Gombong, Kebumen Jateng, kota dimana saya berasal,, hehehehehe.
Cina kini mulai tumbuh menjadi salah satu Kekuatan terbesar Ekonomi Asia. Perkapita China mencapai US $ 6.600, pada tahun 2006. Perekonomian China berkembang di berbagai sektor seperti:
Pertanian
Hasil pertanian China yang utama adalah beras (sama kaya Indonesia, Vietnam dan Thailand serta Philipina), gandum, kapas, ubi, dan sayur. Gandum ditanam di China bagian utara yang ditanam saat musim semi pada kawasan perbatasan Mongolia, sedangkan yang ditanam pada musim dingin ditanam di kawasan Yellow Plain. Padi ditanam di selatan sungai Yangtze.
Pertambangan
Sama seperti Indonesia, cHina juga kaya Tambang, diantaranya adalah batu bara, bijih besi, mangan, timah, dll. Batu bara ditambang di daerah Yantze, Fouhsin, Hwainan, Jixi, Hegang dan Datong. Minyak bumi di tambang di daerah Jungaria, Lembah Tsaidam, koridor, Gansu, lembah Szechwan, dan Taecheng.
Perindustrian
Hasil industri China antara Lain Semen, pupuk, alat pertanian, lokomotif, kapal traktor, dan truk, serta alat-alat elektronik. Kawasan industri ini terpusat di Shanghai, Beijing, tianjin, dan Shenyang. China merupakan salah satu negara industri baja terbesar di dunia.
Perdagangan
Barang utama ekspor China Adalah Tekstil, teh, sayur dan buah, serta minyak bumi. Dan tal ketinggalan adalah Elektronik. Mitra dagang terbesar China adalah Jepang, USA, Jerman, Singapura (negara yg mayoritas adalah org China), serta Indonesia.




sumber: IPS terpadu SMP kelas IX "yudistira"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop