Halaman

Sabtu, 24 Maret 2012

PRancis "Republikque Francaise”

Kali ini imajinasi saya sedang terbang jauh ke Benua Biru “Eropa”, dan yang jadi sasaran kali ini adalah salah satu negara di kawasan Eropa Barat yang merupakan negara terluas di kawasan Eropa Barat “Prancis”. Negara yang sering disebut dalam dialog K-drama setelah Thaigeuk (nama negara Thailand dalam bahasa Korea). Negara yang memiliki nama resmi “Republikque Francaise”. Prancis merupakan negara yang berbentuk republik dan dikepalai oleh seorang “Presiden”.


LETAK dan BATAS NEGARA
Negara yang beribukota di “Paris” (kota mode dunia), Secara astronomis negara Prancis terletak pada 42° LU- 51°LU dan 5° BB- 8° BT. Memiliki luas wilayah ± 547.030 km². Disebelah utara berbatasan dengan Selat Inggris, Negara Inggris, Belgia, dan Luksemburg. Sebelah selatan berbatasan dengan Spanyol. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik, dan disebelah timur berbatasan dengan Negara Swiss dan Jerman.


KEADAAN ALAM
Negara ini di dominasi oleh dataran rendah yang umumnya kurang dari 250 mdpl, yang memanjang dari perbatasan Belgia hingga Jerman. Secara fisiografis keadaan alam Prancis terbagi atas:
1.    Cekungan Paris (Basin) Central atau yang lebih umum dikenal sebagai Massif Central, merupakan sebuah sampul dari lipatan pegunungan yang terletak di tengah-tengah hingga selatan Prancis.
2.    Pegunungan Alpen, Jura, dan Vosges, yang terletak si bagian barat negara ini, dengan puncak tertinggi di pegunungan Alpen yang mencapai 4.807 mdpl, dan merupakan puncak tertinggi di kawasan Eropa Barat.
3.    Pegunungan Pyrences yang memanjang dan menjadi batas negara antara  Spanyol dan Prancis.

IKLIM
Iklim di Prancis terbagi atas: bagian selatan Prancis memiliki karakteristik iklim dengan musim panas yang panas dan kering. Memiliki curah hujan yang merata yang merupakan pengaruh dari Samudera Atlantik dengan curah hujan tahunan sekitar 500-1.200m.  temperatur suhu tahunan berkisar antara 9°C - 15°C. Daerah pegunungan di negara ini tertutup salju sepanjang tahun.

PENDUDUK
Data tahun 2006, penduduk di negara ini 61.200.000 jiwa dengan pertumbuhan penduduk 0,3% pertahun. Suku bangsa terbesar adalah suku Prancis (95%), sisanya berasal dari Aljazair, Spanyol, Maroko, dan Italia. Bahasa nasional adalah bahasa Prancis yang merupakan bahasa nasional paling banyak kedua yang digunakan di dunia setelah bahasa Inggris. Mayoritas penduduknya adalah Khatolik Roma yang mencapai (90%), Protestan (2%), Yahudi dan islam merupakan Agama paling Minoritas di Negara tersebut.

PEREKONOMIAN
Pencapaian hebat negara ini adalah, negara Prancis merupakan salah satu negara terkaya didunia, yang bertumpu pada sektor Industri dan Perdagangan.

1.    Pertanian
Meski pertanian bukan sektor utama pendukung perekonomian negara ini , tetapi negara ini termasuk dalam 5 besar pengahsil gandum terbesar didunia. Hasil pertanian yang juga terkenal dari negara ini adalah Anggur yang juga menduduki posisi kedua penghasil Anggur terbesar didunia, wehh hebat!!!! Pertanian anggur dapat dijumpai di  Champagne dan Bordaeux.

2.    Pertambangan
Beberapa pertambangan yang berkembang di negara ini diantaranya pertambangan bijih besi, bauksit, gipsum, timah, uranium, dll. Dan dibeberapa tempat seperti  Lorraine, Nord, Puyde Calais, dan Lacq dijumpai beberapa ladang minyak dan Batubara.

3.    Perindustrian
Salah satu Negara penghasil Baja terbesar didunia, itulah sebutan untuk Prancis. Selain itu, negara ini juga terkenal dengan Otomotif, dan pesawat terbang yang terletak dikawasan Paris.

4.    Perdagangan
Ekspor prancis yang utama adalah hasil-hasil iNdustri, ekspor hsil pertanian berupa gandum dan tentunya anggur. Sektor jasa juga berkembang pesat di kawasan ini. Dan yang menjadi maskot negara ini adalah pusat Mode dunia yang mendatangkan banyaknya wisatan yang berkunjung ke negara ini yang semakin meningkatkan sektor perdagangan    di negara ini. 




sember; IPS terpadu, wikipedia,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop