Halaman

Selasa, 13 Maret 2012

Sosiologi

Pengertian Sosiologi

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte(1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Konsep-Konsep Dasar Sosiologi

Ada beberapa konsep yangdiuraikan dalam sosiologi yaitu :
1.    Masyarakat
 Menurut Peter L. Berger, defenisi masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya. Oleh karena itu, Berger mendefenisikan juga masyarakat sebagai “yang menunjukkan pada suatu sistem interaksi, atau tindakan yang terjadi paling kurang antara dua orang yang saling mempengaruhi perilakunya”

2.     Individu
 Individu menunjuk pada subjek yang melakukan sesuatu, memiliki pikiran, kehendak, memiliki kebebasan, memberim arti pada sesuatu, mampu menilai tindakan dna hasil tindakannya. Intinya, individu merupakan subjek yang bertindak (actor). 

3. Hubungan Individu dan Masyarakat
 Pengertian hubungan disini berarti bahwa kedua kenyataan, yaitu subjektif dan objektif saling menentukan, yang satu tidakm ada tanpa yang lain. 

4. Fakta Sosial Fakta sosial bias juga disebut fenomena sosial atau realitas sosial yang merupakan suatu kekuatan yang menekan individu dari luar, memaksanya untuk berbuat sesuai dengan fakta sosial.

Ciri-ciri Masyarakat

1.    Kesatuan hidup masyarakat yang telah hidup bersama culup lama
2.    Terjadi interaksi aktif antar individu dan kelompok
3.    Dalam berinteraksi berpedoman pada sistem adat istiadat
4.    Kehidupan bersama tersebut berlangsung terus-menerus
5.    Mereka merasa terikat oleh rasa identitas bersama(kebudayaan)
6.    Mereka saling membutuhkan, aling bergantung, dan perlu kerjasanama
7. Kehidupan bersama itu bersifat dinamis, mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dengan tuntutan zaman.


sumber:
catatan kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop