Halaman

Minggu, 15 Januari 2012

Negara Berkembang

Senin16 januari 2012. Saatnya saya menempuh ujian Mata Kuliah Geografi Regional Negara Berkembang.  Berhubung saya masih sangat sedikit dalam penguasaan materi ini jadi kali ini saya akan berguru pada si Mbah GOOGLE. Dan dan berikut cerita-cerita negara Berkembang, menurut beberapa sumber. maklum selama kuliah tidak banyak catan di buku saya.

PETA PERSEBARAN NEGARA BERKEMBANG


Negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi.
            Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata - rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.

            Perkembangan mencakup perkembangan sebuah infrastruktur modern (baik secara fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor bernilai tambah rendah seperti agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan sendiri.
            Penerapan istilah 'negara berkembang' ke seluruh negara yang kurang berkembang dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin, yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya, dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan.

Ciri-ciri negara berkembang:
1.      Memiliki masalah kependudukan
a.       Laju pertumbuhan penduduk relatif tinggi
b.      Persebaran penduduk tidak merata
c.       Tingginya angka pengangguran
d.      Kualitas penduduk relatif rendah, dan produktifitas penduduk juga rendah
e.       Angka kemiskinan tinggi
f.       Angka beban tanggungan tinggi
g.      Rendahnya pendapatan perkapita
2.      Prokdutivitas didominasi oleh barang primer
3.      SDA belum Dimanfaatkan secara maksimal
4.      Keterbatasan fasilitas umum
5.      Tingkat kesadaran hukum, kesetaraan gender, dan penghormatan HAm rendah
6.      Ketergantungan pada negara maju
7.      Tingkat kesehatan relatif rendah.

Persebaran negara berkembang di dunia. Yang menarik dalam kajian ini adalah sebagian besar negara-negara berkembang berada di belahan bumi selatan. Atau hampir seluruh negara di kawasan yang iklim trospis  tergolong sebagai negara berkembang. Region negra berkembang meliputi:
A.    Benua Afrika: meliputi seluruh benua Afrika
B.     Benua Asia: Asia Tenggara (ex Singapura), Asia Barat / timur tengah, Asia Selatan
C.     Benua Amerika: Kawasan Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
Sampai saat ini saya masih belum mengerti tentang karakteristik per region negara-negara berkembang yang ada di dunia. Karena yang pasti setiap region negra berkembang pasti memiliki karakteristik tersendiri baik tingkat ekonomi, penduduk, dan masalah-masalah sosial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop