Halaman

Minggu, 15 Juli 2012

TEORI PERTUMBUHAN PENDUDUK





Tahukah kalian apakah yang dimaksud dengan penduduk dan orang yang mengemukakan atau yang menjadi pencetus teori kependudukan??? kalian yang menempuh jenjang pendidikan SMP kelas VIII semester gasal  akan mempelajari materi Tentang Kependudukan kaitannya dengan "Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penenggulangannya". 
Pada kesempatan pertama ini saya akan memberikan gambaran mengenai "TEORI KEPENDUDUKAN" silahkan mempelajari ulasan ini. tetap semangat belajar dan jangan malas membaca yaaaa.....!!!! faighting !!!!!!!!! 


Pertumbuhan penduduk di dunia yang semakin tetidak terkendali memnunculkan beberapa pendapat yang mengemukakan mengenai teori-teori kependudukan. Diantaranya tokoh yang paling terkenal yang mengemukakan persepsinya mengenai pertumbuhan penduduk di duian adalah Thomas Robert Malthus.


Thomas Robert Malthus (1776 - 1834), seorang Sarjana Ekonomi dari Inggris. Pada 1789 menulis sebuah buku dengan judul “Essay on Population, as Its Effects the Future, ”Improvement of Society”. Buku tersebut memberi keterangan yang pesimistis mengenai persoalan penduduk dunia. Dari buku tersebut lahirlah apa yang kita kenal dengan Hukum Malthus, yaitu:
§   pertambahan penduduk mengikuti deret ukur, yaitu 2, 4, 8, dan seterusnya; dan
§   pertambahan bahan keperluan hidup manusia mengikuti deret hitung, yaitu 1, 2, 3, ⁄ dan seterusnya.
Peningkatan ini memerlukan waktu 25 tahun sehingga dalam satu abad perbandingan penduduk dengan keperluan hidup adalah 16 : 5. Oleh karena itu, manusia dihadapkan dalam keadaan hidup yang terancam. Akan tetapi, teori Malthus memiliki kelemahan, yaitu:
§       Malthus lupa bahwa manusia punya upaya untuk mengadakan preventive checks.
§   Malthus lupa bahwa manusia mempunyai upaya untuk mengembangkan bidang teknik, kreatif, dan inovatif dalam produksi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penduduk punya upaya dalam rangka membatasi jumlah pertambahan penduduk, salah satunya dengan program KB (Keluarga Berencana). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop