Halaman

Jumat, 25 September 2015

PULAU FLORES #PART 3 "LANGKE MAJOK (Mencoba Tumbuh Menjadi Keluarga #AKPP)"


Terima Kasih DIKTI, dengan programmu aku bisa menikmati sunyinya “Langke Majok”. 29 Agustus 2014, pertama kalinya aku menginjakkan kaki di desa ini. Desa yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Langke Majok merupakan salah satu kawasan di Desa Nao, Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai. Desa yang asri, sunyi, sejuk, dan ramah. Lokasinya tidak jauh dari Kota Ruteng, cukup satu jam. Dan desa ini juga berada di jalur utama menuju tempat wisata adat, Kampung Adat Todo, dan juga Kampung Waerebo.

Per-29 Agustus 2014 sampai dengan 20 Agustus 2015, saya ditakdirkan menjadi Anak Kos NTT yang ceritanya lagi jadi ibu guru yang mengabdi di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal. hahahahaa Mengabdi katanya.... tapi menurutku hanya sekedar menjalankan tugas. Semacam tugas kenegaraan dalam bahasa kerennya. Hahahaha

Satu tahun menjadi anak kos NTT. Aku dan teman seperjuangan, sebut saja Yayu Niu, Yayu Shinta, dan Yayu Anis hidup di sebuah rumah milik keluarga “Om Pius”. Kami menyewa dua kamar. Dan patner tidurku satu tahun saat itu adalah Yayu Shinta. Kami berasal dari LPTK yang sama, UNNES. Anak Semarang ceritanya, tapi asal kelahiran kami berbeda, tapi tetap satu rumpun yaitu rumpun NGAPAK.


 Awal mengenalnya, maksudku Shinta. Dia gadis baik-baik, cantik, santun, dan yang menonjol adalah SHOLEHAH. Benar-benar gadis baik-baik. Seriuss.... Shinta si patner yang sering aku grepe-grepe kalau dia terlalu serius dengan apa yang sedang dia kerjakan. Anak kimia men... Shinta.. si jago masak, makan, tidur, dan belajar. Hahahahaahaa... Yayu Shinta Nur Baeti aku merindukanmu.
With Yayu Shinta, Alias Bebe, Alias Gembel, 
Kemudian Nia, Alfiatu Firmania. Si Kakak Pertama yang sering Aku panggil Yayu Niu. Hobinya nyanyi, sisir di taruh diponi, penakut, dan hobinya ketakutan. Kebiasaannya adalah tukang ngoreksi lirik lagu kalau aku nyanyi. Semacam komentator gitu... Maklum aku hobinya salah lirik. Selain itu dia sering memanggilku Bu Seksi?? No coment...!!! hahahaha Bogosipoyeo eoniii....
With Yayu Niu.. Masih Kalem
L. Anisa Nurhidayati. Teman sekamar yayu niu. Sebenarnya dia posisinya itu bungsu, tapi entah kenapa aku lebih sering memanggilnya yayu (kakak).. hahahah maap yaa adek... Abis kamu lebih tinggi sih.. Kebiasaanku adalah meng Kakak an seseorang yang lebih tinggi dari aku.. hahahaha padahal secara umur aku lebih tuaaa L Yayu Anis, dia juga hobi belajar.. ohh tidak-tidak.. kayaknya mereka bertiga semuanya hobi belajar. Ahh.. si pemilik amunisi yang banyak... banyak jajanan di kamarnya.. hahahha.. Pencetak rekor paketan. Hahahhaha
With Yayu Anis
Kami berempat tumbuh bersama, berbagi cerita cinta dan kegalauan hidup. Keceriaan dan ketidak jelasan, tapi tetap kita adalah anak rumahan. Saking cintanya dengan rumah, upss lebih tepatnya kamar. Terkadang saat liburpun aktivitas hanya sekedar kamar tidur, dapur, kamar mandi.

Alarm pagi hari, panggilan sholat. Diantara kami berempat yang paling sering bangun pertama adalah Yayu anis, diikuti oleh gembel bebe, aku, dan terakhir yayu niu setelah dia ngintip keadaan di luar kamar. Setelah sholat entah apa yang dilakukan yu anis.. sering-seringnya membaca alquran, yayu shinta juga, kalau aku beraktivitas di kamar mandi dan dandan cantik persiapan ngajar. Yayu niu??? Hmmm mungkin dia tidur lagi, dan bangun saat panggilan alamnya berkontraksi.  

Mereka bertiga mengajar SMA dan aku sendiri mengajar di SMP. Karena SMA sekolah siang jadi mereka bisa berklesot-klesot ria di pagi hari, sedangkan aku udah harus jalan kaki 30 menit, ketemu murid-murid, selpi bareng gusto & dera, internetan, ngajar, ngowoh dan ngrumpi. Tapi siang hari, saat aku kembali ke kosan, mereka baru saja memulai pengabdian. Sepanjang siang-sore aku sendiri, menatap dinding. Ketawa-ketawa sendiri kaya orang gila. Syukur kalau bisa tidur siang.

Interaksi berempat dimulai saat mereka kembali ke kosan sepulang mengabdi, jam hampir menunjukan pukul 17.30 WITA.  Biasanya sih aku lagi di dapur, menghangatkan diri meski bau minyak. Yang paling aku tunggu adalah makan malam. Kegiatan makan bersama... Kalau pagi aku sih emang jarang sarapan, pengaruh malas. Siang makan sendirian L. Jadi waktu makan yang paling aku tunggu adalah makan malam.

Setelah makan malam, kami kembali kekamar dan ngrumpi. Biasa anak gadis... kadang ngerumpi berempat, tapi terkadang ya dikamar masing-masing. Yang artinya aku ngliatin yayu shinta belajar.
Peringatan 6 bulan AKPP #Pantai Nangawoja Part 2
Kami adalah bagian dari AKPP (Anak Kos Pak Pius). Satu tahun terkadang terasa lama untuk beberapa lasan, tapi terasa singkat untuk sekedar berbagi kebahagiaan. Terima Kasih Kakak Pertama (Yayu Niu), Terima Kasih Kakak Kedua (Yayu Shinta), dan Terima Kasih Adek (Yayu Anis). Masih akan ada cerita tentang satu tahun bersama AKPP dan semoga tetap akan ada cerita AKPP di hari-hari berikutnya.

Salam Rindu dari Ibu Neno si seksi yang gembel J

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop