Halaman

Kamis, 20 Oktober 2011

Mengenal Norwegia



 Musim dan iklim

Norway memiliki iklim yang lebih besahabat dibandingkan dengan yang dinyatakan oleh posisi ketinggiannya. Norway memiliki ketinggian yang sama dengan Alaska, Greenland dan Siberia. Namun dibandingkan dengan daerah-daerah tersebut, Norway memiliki iklim yang lebih menyenangkan.
 
Musim panas
Akhir Juni atau awal Agustus memiliki suhu yang paling hangat dan bulan ketika hari menjadi panjang dan terang. Suhu di bulan Juli dan Agustus dapat mencapai 25°C - 30°C. Pada saat yang bersamaan, hampir tidak ada kelembaban di udara.
Suhu laut dapat mencapai 18°C atau lebih tinggi, sehingga berenang menjadi kegiatan yang populer.
Cuaca paling hangat dan paling stabil umumnya terjadi di sisi Timur dari pegunungan di Utara, termasuk pesisir Selatan antara Mandal dan Oslo.
Bahkan di daerah yang lebih ke Utara, suhu musim panas juga menyenangkan – kadang mencapai 25°C. Namun, cuaca musim panas dapat menjadi basah dan selalu berubah, terutama di daerah Barat, Pusat, dan Utara Norway. Jika Anda ingin menyaksikan matahari tengah malam, Anda harus pergi ke daerah Utara, di atas Arctic Circle.  

Musim gugur
Pada musim gugur, pemandangan dihiasi dengan warna emas. Suhu perlahan-lahan menurun melalui September, yang merupakan waktu tepat untuk memetik buah berry dan jamur.
Selama musim gugur, wilayah daratan kehilangan lebih banyak panas dibandingkan laut, dan akhirnya daerah pesisir pantai memiliki temperatur yang paling tinggi. Pada bulan September, daerah di luar Oslofjord umumnya memiliki suhu yang paling tinggi. Pada musim gugur, daerah yang paling hangat umumnya adalah pantai Rogaland dan Hordaland.



Musim dinginPada musim dingin, kebanyakan wilayah Norway berubah menjadi surga yang ditutupi salju.
Daerah yang lebih rendah, baik di bagian Selatan dan Utara Norway, dapat memiliki suhu yang sangat rendah saat musim dingin. Suhu dapat mencapai di bawah -40°C di daerah dalam Finnmark, Troms, Norway Pusat dan Norway Timur, walaupun hal ini tidak terjadi setiap musim dingin. Secara kontras, daerah pesisir mengalami musim dingin yang sedang. Namun, angin kencang, hujan dan mendung dapat sering terjadi.

Musim semi
Bulan Mei ke pertengahan Juni adalah waktu dimana pemandangan di Norway sangat luar biasa, dengan pepohonan dan bunga-bunga yang mulai bersemi, salju di pegunungan yang mulai mencair menjadi seperti air terjun. Bunga-bunga anggrek yang bermekaran di sepanjang Hardangerfjord pada bulan Mei tampak seperti pemandangan surga.
Ada beberapa hari libur pada bulan Mei, dan masyarakat Norwegia menggunakan hari tersebut sebaik-baiknya untuk merayakan musim semi setelah musim dingin yang panjang.
Musim semi merupakan waktu dimana perbedaan suhu antara bagian Selatan dan Utara sangat mencolok. Musim semi juga merupakan waktu dimana suhu siang dan malam hari sangat berbeda.
Pada awal musim semi, wilayah di dekat pantai Norway Barat umumnya memiliki suhu yang sangat tinggi, namun pada bulan Mei, suhu tertinggi umumnya terjadi di daerah Selatan dari Norway Timur dan Selatan.
Cuaca musim semi dapat sangat bervariasi. Ada saat dimana hari menjadi sangat dingin untuk turun salju dan saat dimana hari menjadi cukup hangat untuk duduk di luar menikmati sinar matahari. Musim semi juga dapat menjadi sangat berangin.
Perlu diperhatikan bahwa cuaca dan suhu dapat berubah dengan sangat cepat, terutama di pegunungan. Jadi baik musim panas atau musim dingin, musim gugur atau musim semi – siapkan diri Anda untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba dan jangan lupa membawa alas kaki yang baik dan baju hangat.

Suhu rata-rata siang
Kapan / dimana    Oslo   Bergen Trondheim   Bodø   Tromsø
Januari -2.3 2.7 -1.6 -1.3 -3.8
Februari -1.3 3 -0.7 -0.9 -3.1
Maret 2.4 4.9 2.1 -1 -1
April 7.3 8 5.1 3.8 1.7
Mei 14 12.9 10.5 8.5 6.1
Juni 17.6 15.1 13.2 11.8 11
Juli 19.9 16.6 15.3 14.1 13.7
Agustus 18.7 16.3 14.9 13.8 12.5
September 13.7 13.3 11.3 10.7 8.4
Oktober 8.1 9.8 6.7 6 3.3
November 2.3 5.8 1.8 1.7 -1
Desember -1.4 3.3 -1.1 -0.5 -3
Sumber: Meteorologisk institutt 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop