Halaman

Kamis, 27 Oktober 2011

Teras-teras Raksasa di NEgeri tetangga "Philippines"

Philippines,  negara yang berbatasan laut dengan Indonesia ini merupakan suatu negara kepulauan yang kurang lebih memiliki kharakteristik iklim dan bebtangan alam yang hampir sama dengan Indonesia. Beriklim troipis dengan curah hujan yang tinggi dan sering dilanda gempa tektonik dan dipengaruhi juga oleh aktivitas vulkanismenya. menjadikan negeri ini juga juga memiliki panorama yang tidak dalah indah dengan indonesia salah satunya adalah:

Banaue Rice Terraces, Philippines




Sebagai keajaiban kedelapan di dunia, tempat ini begitu menakjubkan dan indah. Terletak di Gunung Ifugao, Filipina. Banaue Rice Terraces dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1995. Sangat sulit untuk menggambarkan tempat ini, itu seperti batu loncatan ke langit. Ini sawah yang terletak di 1.500 meter di atas permukaan laut dan lereng gunung sekitarnya sejauh 10.360 kilometer persegi. Luar biasa, tempat ini dibuat dengan alat tradisional oleh masyarakat kuno lama, sekitar 2 ribu tahun yang lalu. 






Kita bisa melihat banyak wisatawan domestik dan internasional di sini, sebagai daya tarik utama Banaue Rice Teras sebagai hiking trails. Meskipun lokasi Banaue Rice Terraces adalah sedikit jauh dari Manila(Ibukota Filipina) sekitar 9 jam untuk melakukan perjalanan, tapi tempat ini menjadi tujuan paling menakjubkan di Filipina.

 

Banaue Rice Terraces di Filipina Diperkirakan, sawah yang ‘diukir’ di gunung Ifugo ini, dibuat dengan peralatan yang sangat tradisional oleh nenek moyang bangsa Filipin. Sawah petak ini berada di 1.500 meter di atas permukaan laut dan mengelilingi lereng gunung sejauh 10.360 kilometer persegi.
Yang luar biasa, nenek moyang sudah mengatur sedemikian rupa pengairan sawah yang berasal dari hutan yang berada atas persawahan itu. Penduduk setempat sampai hari ini masih menanam pati juga sayuran di sawah itu.
Erosi, merupakan salah satu ancaman bagi keberadaan sawah kuno ini. Karenanya, pemerintah juga warga sekitar sangat peduli hal ini, perawatan serta rekonstruksi dilakukan terus menerus, untuk menjaga kelestariannya.
 
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

Get Code

pop2

pop