Halaman

Kamis, 20 Oktober 2011

Menikmati Keindahan Bentang Alam Norwegia

Arora di Norway

Norwegia, mungkin anda hanya mengenal Keindahan Alam Norwegia sebatas dengan Keindahan Auroranya, tapi tahukah anda banyak sekali tempat menarik di negeri ini????

Norwegia adalah sebuah negara yang memanjang dan nyaris menyempit, dengan beberapa variasi dibeberapa wilayahnya. Banyak fjord yang spektakular terdapat dibagian barat, jejak-jejak yang jelas dari abad pertengahan dapat ditemui di Norwegia bagian tengah, sementara matahari tengah malam ada dibagian utara.
 
Pantai Barat
Hanya sedikit tempat di dunia yang menawarkan pemandangan mengagumkan seperti fiord di Barat Norwegia. Banyak diantaranya dalam dan sempit, dengan pegunungan menjulang di atas air dan air terjun mengalir dari tempat yang sangat tinggi. Namun Anda juga dapat menemukan fiord yang lebih “bersahabat”, dimana tanah pertanian dan perikanan telah menciptakan masyarakat yang kaya. Keragaman fiord Norwegia juga dapat dinikmati dengan cara lain. Pada saat musim panas, Anda dapat memulai hari dengan ber-ski di gletser Folgefonna dan mengakhirinya dengan berenang di laut. Ada tempat-tempat yang menawarkan pemandangan dimana pohon-pohon yang mulai berbuah bertemu dengan pujuk pegunungan yang bersalju. Anda juga dapat menikmati seni alam di air terjun yang terkenal dengan nama Kerudung Pengantin (Bridal Veil) bersama dengan seni ilmu teknik di lengkungan Ørneveien atau jalan Trollstigen. Anda pasti ingin kembali mengunjungi kota Bergen dan Stavanger, dimana rumah-rumah kayu cantik dan industri pengiriman laut moderen serta petroleum terletak saling berdekatan.

Sudut pandang Geirangerfjord. 

Foto: CH / Innovation Norway .Sudut pandang Geirangerfjord. Foto: CH / Innovation Norway


Norwegia Pusat
Norwegia Pusat memiliki peran penting dalam sejarah Norwegia. Pertempuran di Stiklestad pada tahun 1030 menjadi titik balik kegiatan Kristen di Norwegia. Nidaros, yang merupakan nama asli Trondheum merupakan pusat politik, agama dan perdagangan serta kunjungan ziarah selama lebih dari empat abad pada Jaman Pertengahan. Katedral Nidaros merupakan bangunan jaman pertengahan terbesar di Skandinavia, dan memiliki pahatan yang sangat mengagumkan serta lukisan kaca yang cantik. Gereja asli ini dibangun di atas tempat dimana St. Olav dikuburkan setelah kematiannya dalam Pertarungan Stiklestad. Trondheim terkenal akan bangunan kayu, serta jalur pelayaran tertua serta sungai, yang merupakan bukti sejarah panjang kegiatan perdagangan kota tersebut. Di bagian Timur terdapat kota pertambangan Røros yang dilindungi dengan baik. Kota tersebut, bersama dengan bentuk gereja yang unik dan ratusan rumah kayu yang cantik termasuk dalam Daftar Warisan Budaya UNESCO.

Gereja di Røros. 

Foto: Terje Rakke / Nordic Life AS / Innovation Norway.Gereja di Røros. Foto: Terje Rakke / Nordic Life AS / Innovation Norway
Norwegia Utara
Di Norwegia Utara, sinar matahari jatuh di pulau-pulau, fiord yang dalam, pegunungan dengan puncak tertutup salju, padang hijau dan padang rumput yang luas. Kualitas cahaya matahari di wilayah ini telah memberikan inspirasi bagi para penulis, musisi dan artis. Wilayah ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Apakah Anda memilih untuk bepergian di sepanjang pantai di Coastal Steamer atau sekedar mengikuti jalan, Anda akan melewati pedesaan cantik dan tempat perdagangan jaman dahulu dimana Anda dapat berbincang-bincang dengan masyarakat setempat dan mengenali budayanya. Anda dapat bertemu dengan masyarakat Saami, penduduk asli Utara dan mempelajari tradisi mereka serta gaya hidup mereka saat ini. Disamping ketinggian datarannya, wilayah Utara Norwegia memiliki iklim sejuk karena suhu dari Gulf Stream, yang melingkari pantai. Jika Anda ingin mencoba kehidupan malam serta budayanya, kota Tromsø seringkali dijuluki “Paris di Utara” – atau Anda dapat mengunjungi Tanjung Utara dan menikmati pemandangan dari tempat paling pinggir di Eropa.

Pantai Ramberg di Lofoten. 

Foto: CH / Innovation Norway.Pantai Ramberg di Lofoten. Foto: CH / Innovation Norway
Norwegia Selatan
Disamping suhu musim panas yang baik dan stabil, wilayah ini menawarkan banyak hal, mulai dari penginapan pesisir pantai yang cantik digabungkan dengan pemandangan yang mengagumkan dan kegiatan budaya daerah pedalaman. Kota-kota kecil dan daerah pedesaan di sepanjang pantai bagaikan mutiara di seutas benang, seringkali dilindungi oleh pulau-pulau yang berbatu.

Pelabuhan yang baik dan aman penting bagi kegiatan perdagangan ikan dan perahu pancing, dan surga laut ini secara perlahan telah menjadi pusat perdagangan dan budaya yang penting. Pada saat musim panas, pasar setempat dibanjiri dengan buah-buahan, berry dan sayuran segar serta tentu saja ikan segar. Kecuali, Anda ingin menangkapnya sendiri. Di daerah pedalaman, tidak jauh dari pantai, terdapat pegunungan dan lembah, danau untuk memancing, hutan yang sepi dan padang rumput. Sementara tempat ber-ski adalah Mordegal di daerah Telemark. Tidak jauh dari tempat tersebut, Anda dapat berlayar dari pantai ke daerah pedesaan di sepanjang Kanal Telemark di atas Victoria, yang telah memenangkan penghargaan tertinggi Europa Nostra untuk upaya perbaikan dan pemeliharaannya.

Lyngør di garis pantai Selatan Norwegia. 

Foto: Matti Bernitz / Innovation Norway .Lyngør di garis pantai Selatan Norwegia. Foto: Matti Bernitz / Innovation Norway 
Norwegia Timur
Norwegia Timur membanggakan pemandangan yang beragam, mulai dari peternakan datar hingga ketinggian pegunungan yang dramatis. Di wilayan ini Anda dapat mengunjungi Oslo, serta kota tertua Norwegia, Tønsberg; Danau Mjøsa yang merupakan danau terbesar di Norwegia; dan gunung tertinggi Norwegia, Galdhøpiggen (2.469 meter). Norwegia Timur memiliki jumlah populasi paling padat dan menawarkan beragam kegiatan budaya serta kegiatan di tempat terbuka. Sebagian besar wilayah tertutup oleh hutan dan danau, serta sungai yang sangat baik untuk kegiatan memancing. Pengalaman menjelajah budaya serta arsitektural yang sangat unik adalah dengan mengunjungi sisa-sisa bangunan katedral yang berusia hampir 1.000 tahun di Hamar di Danau Mjøsa. Terletak bagian atas fiord Oslo adalah ibu kota, yang menawarkan berbagai program yang bervariasi seperti konser, teater dan opera, museum dan galeri. Oslo juga dikenal akan kehidupan malamnya, café pinggir jalan, beragam pilihan restoran dan toko-toko. Dekat dengan Oslo adalah lembah cantik Numendal, Hallingdal, Eggedal dan Gudbrandsdalen. Serta masih dalam jarak dekat adalah pemandangan yang cantik, desa pinggir pantai, dan daerah pegunungan yang belum terjamah.

Galdhøpiggen. 

Foto: Johan Wildhagen / Innovation Norway.Galdhøpiggen. Foto: Johan Wildhagen / Innovation Norway

1 komentar:

Halaman

Get Code

pop2

pop